Tutorial Belajar Php cURL

cURL adalah alat untuk mentransfer file dan data dengan sintaks URL, mendukung banyak protokol termasuk HTTP, FTP, TELNET, dan lainnya. Awalnya, cURL dirancang untuk menjadi alat baris perintah. Beruntung bagi kami, perpustakaan cURL juga didukung oleh PHP.

Mengapa Belajar Php cURL?

Memang benar bahwa ada dalam belajar php, ada cara lain untuk mengambil isi halaman web. Berikut ada fungsi cara menggunakan fungsi PHP sederhana, bukan cURL:

$ content = file_get_contents (“http://www.nettuts.com”);

// atau

$ lines = file (“http://www.nettuts.com”);

// atau

readfile (“http://www.nettuts.com”);

Namun mereka hampir tidak memiliki fleksibilitas dan tidak memiliki penanganan kesalahan yang cukup. Juga, ada tugas-tugas tertentu yang tidak dapat Anda lakukan, seperti menangani cookie, otentikasi, posting formulir, upload file, dll.

cURL adalah pustaka yang kuat yang mendukung banyak protokol, opsi, dan memberikan informasi mendetail tentang permintaan URL.

Struktur dasar

Sebelum kita beralih ke contoh yang lebih rumit, mari kita tinjau struktur dasar permintaan cURL di PHP. Ada empat langkah utama:

  • Inisialisasi
  • Setel Opsi
  • Execute and Fetch Result
  • Kosongkan pegangan cURL

// 1. menginisialisasi
$ ch = curl_init ();

// 2. mengatur opsi, termasuk url
curl_setopt ($ ch, CURLOPT_URL, “http://www.nettuts.com”);
curl_setopt ($ ch, CURLOPT_RETURNTRANSFER, 1);
curl_setopt ($ ch, CURLOPT_HEADER, 0);

// 3. jalankan dan ambil output HTML yang dihasilkan
$ output = curl_exec ($ ch);

// 4. membebaskan pegangan curl
curl_close ($ ch);

Langkah # 2 (yaitu curl_setopt () panggilan) akan menjadi bagian besar dari artikel ini, karena disitulah semua keajaiban terjadi. Ada daftar panjang opsi cURL yang dapat disetel, yang dapat mengonfigurasi permintaan URL secara detail. Mungkin sulit untuk menelusuri seluruh daftar dan mencerna semuanya sekaligus. Jadi pada artikel ini, kita hanya akan menggunakan beberapa opsi yang lebih umum dan berguna dalam berbagai contoh kode.

Memeriksa Kesalahan

Secara opsional, Anda juga dapat menambahkan pemeriksaan kesalahan:

// …

$ output = curl_exec ($ ch);

if ($ output === FALSE) {
echo “cURL Error:”. curl_error ($ ch);
}

// …

Harap dicatat bahwa kita perlu menggunakan “=== FALSE” untuk perbandingan, bukan “== FALSE”. Karena kita perlu membedakan antara output kosong vs nilai boolean FALSE, yang menunjukkan kesalahan.